Wednesday, June 13, 2018

Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore? Begini Solusinya



Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore -- Google Play Store adalah salah satu aplikasi yang secara default ada di hp Android Anda, terutama karena ia berfungsi sebagai mediator antara pengguna dan aplikasi dari Google yang berharga. Akan ada banyak masalah saat Google Play Store berhenti bekerja. Biasanya masalah Play Store ini ditandai seperti Anda tidak bisa download aplikasi dari Playstore. Baca juga: Cara Melacak Hp Yang Hilang dengan Layanan Google.

cara mengatasi tidak bisa download aplikasi di playstore

Tidak ada panduan yang pasti untuk memperbaiki Google Play Store, tetapi admin telah mengumpulkan serangkaian tips dan trik yang kemungkinan besar akan membuat Play Store Anda dapat digunakan kembali untuk download aplikasi. Mari lompat langsung ke seluk beluk bagaimana cara mengatasi tidak bisa donwload aplikasi di playstore, sebelum Anda menjadi gila tanpa akses Play Store di hp Android Anda.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore Mudah

Jika Anda sedang bertanya-tanya terus kenapa tidak bisa download aplikasi di playstore dan masih tidak menemukan solusinya maka segeralah datang ke situs admin ini. Pastikan Anda mendapatkan jawaban bagaimana cara mengatasi tidak bisa download aplikasi di Play Store. Berikut semua tips dan triknya.

Pastikan Bukan Masalah Google Sendiri

Sebelum Anda melakukan banyak langkah yang mencoba memperbaiki masalah, pastikan bahwa masalahnya bukan dengan Google itu sendiri. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah menuju suatu tempat seperti Down Detector untuk melihat apakah orang lain melaporkan masalah. Jika cukup banyak orang yang mengklaim masalah serupa, itu bisa jadi masalah server sementara yang akan memperbaiki dirinya sendiri dengan hanya sedikit kesabaran.

Force Close atau Tutup / Paksa Berhenti Google Play Store

Kadang-kadang force close adalah yang Anda butuhkan! Anda dapat melakukan ini hanya dengan menggesek Google Play Store di pengalih aplikasi multi-tasking Anda. Atau Anda bisa pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Semua atau Settings > Apps > All dan kemudian mengakses Google Play Store dan tekan "Paksa berhenti" atau "Force Close".

Aktifkan Airplane Mode

Tidak yakin berapa banyak yang ini berfungsi, tetapi admin telah mendengar banyak orang mengatakan bahwa mengaktifkan Airplane mode, dan kemudian memtikannya, akan membantu Google Play Store kembali ke jalurnya. Hei, ini bukan proses yang rumit dan aman. Mengapa tidak mencoba, bukan?

Aktifkan WiFi

Sama seperti dengan Airplane Mode, ada yang mengatakan WiFi bisa menjadi masalah. Belum lagi, jaringan Anda mungkin saja mengalami masalah koneksi! Aktifkan / nonaktifkan WiFi dan bermain-main dengan Google Play Store untuk sementara waktu. Itu mungkin bisa membantu. Mungkin juga perlu memulai ulang router Anda, untuk berjaga-jaga.

Restart Hp Anda

Seperti pada saat-saat yang baik, perangkat elektronik saat ini terkadang hanya perlu satu atau dua ketukan agar berfungsi. OK, mungkin bukan tamparan yang sebenarnya, tetapi Anda perlu menempatkan semuanya kembali pada tempatnya, dan kadang-kadang reboot sederhana akan dilakukan. Ini akan memakan waktu satu atau dua menit dan sangat sering memperbaiki masalah.

Hapus Cache Aplikasi Google Play Store

Cache memori adalah alat yang luar biasa. Dengan menyimpan data secara lokal, ponsel dapat mengurangi penggunaan data dan mempercepat waktu pemuatan. Ini adalah data yang seharusnya perlu diunduh setiap kali Anda mengakses halaman, yang tidak perlu jika tidak ada perubahan. Hal yang buruk adalah kadang-kadang data yang lebih tua dapat menumpuk, dan itu juga bisa menjadi masalah. Inilah sebabnya mengapa baik untuk menghapus cache dari waktu ke waktu.

Untuk menghapus memori cache Google Play Store, cukup buka Pengaturan Anda dan pilih opsi ‘Aplikasi’. Dari sana, cukup cari Google Play Store dan ketuk bagian tersebut. Anda akan disajikan dengan banyak opsi, termasuk tombol ‘Clear Cache’.

Hapus Data Google Play Store

Apakah membersihkan cache tidak cukup? Saatnya mengambil senjata yang lebih besar dan benar-benar membersihkan semuanya. Untuk menghapus data terkait, cukup akses Pengaturan Anda dan masuk ke Manajer Aplikasi seperti yang Anda lakukan untuk menghapus cache. Daripada menekan ‘Hapus Cache’, pilih 'Hapus Data'.

Hanya perlu diingat ini akan menghapus aplikasi. Ini harus masuk dan mengambil semua data lagi saat Anda mengakses Google Play Store.

Lihatlah Aplikasi Yang Dinonaktifkan

Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi saling membutuhkan agar berfungsi dengan benar. Terutama ketika berhadapan dengan aplikasi sistem seperti Google Play Store. Apakah Anda telah menonaktifkan aplikasi apa pun baru-baru ini? Itu bisa menjadi penyebab masalah Play Store Anda tidak bisa download aplikasi. Baca juga: Cara Ganti Foto Profil Gmail dari Android.

Cukup buka Pengaturan> Aplikasi> Semua dan gulir ke bawah. Di sinilah aplikasi dinonaktifkan pergi ketika mereka semua menjadi nonaktif. Jika Anda melihat layanan yang dinonaktifkan, cukup aktifkan dan lihat apakah itu membantu.

Cek Settings Tanggal dan Waktu

Ini mungkin tampak seperti saran konyol, tetapi seringkali ini bisa menjadi penyebab banyak masalah Google Play Store. Ini mungkin karena server Google mengalami masalah saat menyinkronkan dengan pengaturan tanggal / waktu Anda. Kembalilah dan letakkan secara otomatis. Jika itu tidak membantu, coba tetapkan waktu dan tanggal Anda sesering mungkin. Hanya bermain-main dengan pengaturan waktu / tanggal sedikit saja agar masalah playstore tidak bisa download aplikasi dapat diatasi.

Hapus Proxy atau Pengaturan VPN

Banyak pengguna VPN / proxy mengatakan bahwa mereka telah mengalami masalah di seluruh bagian play store. Sudahkah Anda mencoba menonaktifkan ini (jika Anda menggunakannya)? Pengaturan proxy berada di bawah WiFi, dan Anda dapat mengaksesnya dengan menekan lama pada nama router Anda dan mengklik ‘Advance’. Sementara itu, pengaturan VPN berada di bawah 'More' di bagian Wireless & Network.

Uninstall Play Store

Jika semua gagal, taruhan terbaik Anda mungkin adalah mencopot pemasangan Google Play Store. Yang harus Anda tahu adalah ini aplikasi sistem dan Anda benar-benar tidak bisa menghapusnya. Yang dapat Anda lakukan adalah menghapus pembaruan, mengambil aplikasi ke versi yang lebih lama. Anda dapat memperbaruinya lagi setelahnya, jadi jangan khawatir - ini adalah prosedur yang aman.

Buka saja Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store dan ketuk 'Uninstall updates'.

Apakah Masalahnya adalah Google Play Services?

Admin dapat mengatakan aplikasi Google adalah motor yang menggerakkan perangkat Android. Ya, admin berbicara tentang aplikasi aneh yang perlu diperbarui setiap saat, ketika Anda mencoba untuk mendapatkan aplikasi lain. Dan banyak yang tidak tahu apa itu, tetapi itu menjadi tulang punggung ponsel Anda. Aplikasi Google menawarkan beberapa fitur paling menarik yang tersedia, dan semuanya didukung oleh Layanan Google Play / Google Play Services.

Seperti halnya aplikasi lain, Layanan Google Play kadang-kadang bisa gagal, jadi ada baiknya bermain-main dengannya jika Anda mengalami masalah apa pun yang terkait dengan Google. Coba kosongkan cache dan data dengan mengikuti langkah yang sama dari atas. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa tidak hanya mengakses Google Play Store, Anda menuju ke Layanan Google Play di Manajer Aplikasi.

Hapus dan Masuk Kembali dengan Akun Google

Admin tidak memiliki banyak keyakinan untuk yang satu ini, tetapi beberapa orang menyarankan Anda untuk mereset akun Google Anda untuk memperbaiki beberapa masalah. Admin kira itu patut dicoba sebelum melompat di ujung terakhir (dan paling ekstrim). Cukup buka Pengaturan> Akun dan pilih akun Google Anda. Ketuk tombol menu 3 titik dan tekan ‘Hapus’. Kemudian tambahkan akun Anda lagi dan coba akses ke Google Play Store.

Apakah Anda Menemukan Kode Error Google Play Store?

Bekerja dengan kode kesalahan mungkin lebih mudah, karena sistem cukup banyak memberi tahu Anda apa yang sedang terjadi. Sedikit riset dan Anda harus tahu apa masalahnya dan bagaimana memperbaikinya. Mari kita lihat beberapa kode kesalahan Google Play Store paling populer yang mungkin Anda temui.

Google Play Store Error 944

Mereka yang mendapatkan kode kesalahan 944 tidak perlu panik. Faktanya, semua kode ini memberi tahu Anda bahwa server Google offline atau mengalami masalah konektivitas. Solusi yang jelas adalah menunggu sampai Google memperbaiki masalahnya.

Google Play Store Error 919

Anda kehabisan ruang. Mencoba mengunduh aplikasi itu berulang kali tidak akan membantu, karena kode kesalahan ini cukup banyak memberi tahu Anda bahwa aplikasi tidak lagi pas di penyimpanan Anda. Hapus beberapa aplikasi dan hapus instalan aplikasi yang tidak penting.

Google Play Store Error 481

Mari berharap tidak ada dari Anda yang pernah melihat kode kesalahan ini, karena kemungkinan itu berarti akhir dari akun Google Anda. Kode ini berarti ada semacam kesalahan besar pada akun Anda. Satu-satunya perbaikan adalah menghapus akun lama Anda dan kemudian mendaftar untuk yang baru. Anda dapat menghapus akun Anda di bawah Pengaturan Umum> Akun> Google.

Google Play Store Error 505

Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh aplikasi serupa yang mencari izin yang sama, yang menyebabkan konflik. Google mungkin memperbaikinya dengan pembaruan yang lebih baru, karena kesalahan ini lebih sering terjadi pada perangkat dengan Android 4 KitKat dan yang lebih lama.

Upaya pertama Anda dalam memperbaiki ini adalah membersihkan cache Google Play Store dan Google Play Services. Ini dilakukan dari bagian ‘Aplikasi’, di dalam aplikasi Pengaturan Anda. Selanjutnya, Anda dapat menghapus dan menginstal ulang pembaruan ke Google Play Store. Juga pastikan Anda menjalankan perangkat lunak terbaru yang tersedia untuk perangkat Android Anda.

Google Play Store Error 927

Ini adalah kesalahan Google Play Store yang muncul ketika mencoba mengunduh atau memperbarui aplikasi, tetapi kode khusus ini hanya terjadi ketika Play Store tertangkap di tengah pembaruannya sendiri.

Perbaikan terbaik biasanya menunggu Play Store menyelesaikan pembaruan dan menginstal, lalu coba lagi. Atau, Anda dapat menghapus data aplikasi untuk Play Store dan Layanan Google di bawah Pengaturan> Aplikasi> Semua.

Factory Data Reset

Jika semuanya gagal, cukup bersihkan perangkat Anda dan berikan permulaan yang baru. Pada titik ini admin tidak tahu apa yang dapat menyebabkan tidak bisa download aplikasi di Google Play Store Anda, tetapi factory data reset kemungkinan akan memperbaiki sebagian besar masalah Anda, karena menghapus semua yang ada di perangkat dan meninggalkannya seperti saat Anda menyalakannya untuk pertama kalinya. Anda dapat melakukan reset data pabrik dengan aman namun pastikan semua data penting Anda sudah dibackup.

Demikianlah penjelasan admin mengenai Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore? Dan solusinya. Semoga saja Anda bisa mengikuti panduan ini dengan benar. Jangan buru-buru menutup situs admin ini karena admin punya banyak artikel menarik lainnya. Silahkan Anda baca dan temukan sesuai dengan kesukaan Anda. Baca juga: Cara Ganti Akun Google Play.

Berkomentarlah sesuai dengan etika
EmoticonEmoticon