Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Gesture Navigation System di Android P

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Gesture Navigation System di Android P -- Android P beta memulai debutnya di Google I / O 2018 dan membandingkan dengan Developer Preview, beberapa pembaruan signifikan ditambahkan ke versi beta. Sistem navigasi gesture yang baru, pengganti tombol navigasi (tombol home / back / recent), adalah salah satu perubahan terbesar. Baca juga: Cara Install Android P di Ponsel Anda.

cara menggunakan gesture navigation system android p

Pada pandangan pertama, Anda akan menemukan gerakan Android P sangat mirip dengan sistem navigasi Apple untuk iPhone X, terutama tombol berbentuk pil mirip Apple di bagian tengah layar. Namun, setelah Anda mencoba gesture di Android P, Anda akan melihat bahwa sebenarnya ada beberapa desain unik pada sistem navigasi gestur / gesture navigation system Android P. Berikut ini cara mengaktifkan gesture navigation di Android P dan cara menavigasi ponsel Anda dengan gesture / gerakan bukan dengan tombol virtual.

Cara Mengaktifkan Gesture Navigation System di Android P

Android P tidak memiliki gesture navigation system yang baru yang diaktifkan secara default. Anda harus mengaktifkan kontrol gerakan / gesture control pada Pengaturan.
  • Buka Settings> System> Gesture;
  • Ketuk "Swipe up on home button" dan aktifkan;
  • Tombol navigasi asli di bagian bawah akan hilang dan di tempat mereka, ada ikon berbentuk pill dan tombol kembali.
Itulah cara mengaktifkan gesture navigation system di Android P. Baca juga: Cara Menonaktifkan Amber Alert di Android dan iOS.

Cara Menggunakan Gesture Controls di Android P

Dengan gesture navigation system baru di Android 9.0, ada cara berbeda untuk kembali ke home screen, kembali, buka aplikasi terbaru, buka app drawer, masuki tampilan multitasking. Jika Anda terbiasa dengan tombol home / back / recent pada versi Android sebelumnya, Anda mendapatkan pemahaman tentang transisi baru dengan langkah-langkah di bawah ini.

Go Back: Android P masih menyimpan tombol kembali di sebelah kiri layar tetapi tombol tidak muncul sepanjang waktu, hanya di aplikasi yang Anda perlukan untuk kembali.

Go Back to Home Screen: Tombol Home tidak sepenuhnya mati di Android 9.0. Ikon bentuk pil di bagian bawah dapat berfungsi sebagai tombol Home virtual. Anda cukup mengetuk tombol berbentuk pil untuk kembali ke Beranda.

Multitasking: Dulu ada tombol baru yang dapat Anda buka tampilan multitasking dengan satu ketukan. Sekarang dalam sistem navigasi gestur Android P yang baru, Anda dapat menggesek ke atas dari bar bentuk pil untuk memasuki tampilan multitasking, tempat Anda dapat melihat semua aplikasi terbaru. Dan dengan menggesek ke kiri dan kanan pada tombol berbentuk pil, Anda dapat melihat daftar aplikasi terbaru dan setelah Anda melihat aplikasi yang Anda cari, lepaskan tombol dan Anda akan memasuki aplikasi.

Perubahan baru lainnya adalah pada tampilan multitasking, Anda sekarang dapat menyalin teks dari aplikasi terbaru tanpa membukanya.

Buka App Drawer: Geser ke atas setelah Anda membuka tampilan multitasking dan geser ke atas lagi akan membuka laci aplikasi / app drawer.

Beralih Antara Aplikasi Terkini: Di Android 7.0, Anda dapat mengetuk dua kali tombol recent apps untuk beralih di antara dua aplikasi terbaru. Sekarang di Android 9.0, jentikkan cepat pada bilah bentuk pil untuk beralih ke aplikasi terbaru lainnya.

Google Assistant: Untuk mengeluarkan Google Assistant, cukup tekan tombol berbentuk pil di bagian bawah.

Kesimpulannya, sistem navigasi gestur Android P berbeda dari navigasi iPhone X. Meskipun home, back, tombol baru-baru ini dihapus, sistem navigasi Android lama tidak sepenuhnya ditinggalkan. Sampai taraf tertentu, tombol berbentuk pil masih berfungsi sebagai tombol Home / Recent yang lama. Sistem navigasi gesture baru dan bilah navigasi lama, mana yang lebih Anda sukai?

Demikian informasi yang dapat Anda baca mengenai cara mengaktifkan dan menggunakan Gesture Navigation System di Android P. Sekian dan semoga saja Anda bisa melakukannya. Jangan buru-buru menutup artikel ini karena admin masih punya banyak artikel terkait lainnya. Sekian. Baca juga: Fitur Android P Yang Sangat Mengesankan.