Cara Membuka Aplikasi Dalam Mode Split Screen di Xiaomi MIUI 9

Cara Membuka Aplikasi Dalam Mode Split Screen di Xiaomi MIUI 9: Multi Window Mode -- Xiaomi telah memperkenalkan skin Android terbaru mereka, yaitu MIUI 9 yang dilengkapi dengan banyak fitur dan opsi baru untuk memberikan tampilan dan fungsi baru pada smartphone Xiaomi Anda. Salah satu fitur utama yang telah diperkenalkan ialah adanya opsi Multi window atau Split Screen ke Smartphone Xiaomi Anda. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di Android 7.0 Nougat oleh Google tahun lalu yang menjadi hit besar, karena membantu dalam multi-tasking. Satu masalah yang dihadapi pengguna Xiaomi sebelumnya adalah perangkat yang berjalan pada Android 7.0 Nougat ialah tidak mendapatkan opsi Split Screeb karena MIUI 8 tidak mendukung fitur tersebut. Dengan skin MIUI 9 terbaru, semua smartphone Xiaomi yang dijalankan pada Android 7.0 Nougat atau yang lebih baru dapat menggunakan fitur Split Screen. Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Xiaomi Berbasis MIUI 8 dan MIUI 9.

cara split screen MIUI 9

Daftar Hp Xiaomi yang mendukung mode Split Screen atau Mode Multi Window adalah Mi Mix, Mi Note 2, Mi 6, Mi Max, Mi Max 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi Redmi Note 4, Xiaomi Mi A1. Dengan mode Split Screen, Anda dapat menggunakan dua aplikasi sekaligus, misalnya Anda dapat menonton Video Youtube dan Chatting dengan teman-teman Anda menggunakan WhatsApp pada saat yang sama atau jika Anda mengemudi dan mendengarkan lagu di youtube dan ingin memeriksa rute, Anda dapat menggunakan Google Map secara bersamaan dengan bantuan fitur Split Screen yang dapat membantu kinerja Multitasking Anda. Hal yang sama dapat dilakukan dengan banyak aplikasi lain yang mendukung Multi window. Jika Anda memiliki perangkat Xiaomi yang disebutkan di atas dan telah ditingkatkan ke MIUI 9 terbaru, lihat langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara menggunakan Multi-tasking atau split-screen untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di perangkat Xiaomi Anda.

Cara Menggunakan Dua Aplikasi Dalam Mode Split Screen di MIUI 9

Dari Layar Home Anda, ketuk ikon "Recent Apps" (tiga baris) yang ada di sebelah kanan tombol HomeDengan cara ini maka akan membawa Anda ke halaman Aplikasi Terbaru di mana semua aplikasi yang baru dibuka akan ditampilkan, di kiri atas layar Anda dapat melihat opsi "Split Screen" silahkan klik bagian tersebut. Baca juga: Cara Mengambil Foto Bokeh di MIUI 8 dan MIUI 9.

Sekarang Anda akan melihat opsi - "Drag items here" di bagian atas layar. Di sini Anda harus memegang aplikasi dan menyeret Aplikasi yang ingin Anda lihat di bagian atas layar. Aplikasi akan diatur di bagian atas layar, sekarang ketuk aplikasi kedua yang ingin Anda atur di bagian bawah layar. Dan Anda selesai, kedua aplikasi yang dipilih sekarang akan ditampilkan satu di atas dan kedua di bagian bawah.

Anda dapat menggunakan kedua aplikasi secara bersamaan pada waktu yang bersamaan. Jika Anda ingin memiliki satu aplikasi yang lebih besar dan aplikasi lain yang lebih kecil, Anda dapat melakukannya dengan menyeret garis pembagi warna hitam yang ada di antara kedua aplikasi ke atas atau ke bawah. Anda dapat menukar posisi aplikasi dengan mengetuk dua kali pada baris pembagi layar. Baca juga: Trik Fitur Tersembunyi di MIUI 9.

Cara Keluar Mode Split Screen di MIUI 9

Setelah Anda selesai dengan menggunakan dua aplikasi dalam mode Split Screen, waktunya untuk keluar dari mode dan kembali ke mode aplikasi tunggal. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk keluar dari mode split screen di MIUI 9.

Dari tampilan Split Screen, Anda perlu menekan tombol "Recent Apps" yang terletak di sebelah kanan tombol Home. Anda akan melihat ikon Oval kecil di bagian atas layar bernama "Exit" ketuk bagian ini untuk keluar dari mode Split Screen.

Nikmati mode Split Screen di MIUI 9 pada smartphone Xiaomi Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari waktu Anda melakukan multi tasking. Demikianlah penjelasan admin mengenai cara membuka aplikasi dalam split screen mode di MIUI 9. Jangan lupa cari artikel terkait lainnya di kotak telusur admin. Sekian. Baca juga: Cara Screenshot di Xiaomi MIUI 9.