Begini Cara Merekam Layar Laptop/PC dengan VLC Media Player

Cara Merekam Layar Laptop/PC dengan VLC Media Player -- VLC Media Player adalah salah satu perangkat lunak pemutaran audio & video yang paling serbaguna yang tersedia di web. Keuntungan terbesarnya adalah open source, mendukung hampir semua format dan sepenuhnya gratis. Baca juga: Cara Recovery Windows 10.

cara merekam layar dengan VLC di laptop/pc

VLC Media Player memiliki berbagai fitur tersembunyi yang banyak pengguna dasar mungkin tidak sadar. Salah satu kemampuan tersembunyi tersebut adalah fitur untuk merekam layar PC / Laptop. Anda dapat merekam layar dengan VLC player dengan mudah tanpa file atau plugin tambahan. Begini cara kerjanya.

Cara Merekam Layar Laptop / PC dengan VLC Media Player

Untuk merekam layar PC/Laptop memakai VLC Media Player langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini: Baca juga: Cara Membuat Hotspot di Windows 7/8/10.
  • Pastikan laptop sudah menyala.
  • Jalankan aplikasi VLC Media Player.
  • Masuk ke tab Media pada bilah alat di bagian atas dan ketuk pada opsi Convert/Save (gunakan shortcut Ctrl + R) jendela pop-up kecil akan terbuka.
  • Buka opsi Capture Device dan ubah mode Capture dari kotak drop-down ke Desktop.
  • Sekarang, atur frame rate di kotak opsi. Sangat disarankan untuk merekam pada 30 frame per detik untuk pemutaran yang mulus. Namun, jika kualitasnya bukan masalah utama Anda dan Anda ingin ukuran file yang lebih kecil, Anda dapat memilih 15fps atau 24fps.
  • Klik tombol Convert / Save dan itu akan membuka kotak dialog baru.
  • Dalam kotak ini pergi ke opsi browse dan pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan rekaman ini.
  • Selanjutnya, klik ‘Start’. Sekarang Anda akan melihat layar hitam dengan nomor yang berdetak di bagian bawah. Jangan khawatir, perekaman layar Anda sekarang aktif. Minimalkan VLC dan lanjutkan dengan apa pun yang ingin Anda rekam.
  • Sekarang, setiap kali Anda selesai cukup tekan tombol 'Stop' untuk menyelesaikan rekaman. VLC akan secara otomatis menyimpannya ke lokasi yang dipilih.
Begitulah cara merekam layar menggunakan VLC di laptop dan PC. Meskipun VLC tidak memiliki UI yang menarik atau fitur-fitur canggih, VLC bekerja dan berfungsi dengan baik. Lain kali, ketika Anda perlu merekam tutorial, lanjutkan merekam layar desktop Anda dengan VLC. Tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi atau perangkat lunak baru. Jadi sangat simple. Sekian. Baca juga: Solusi Laptop Tidak Bisa Connect ke Wi-Fi di Windows 10.