Cara Menghapus Cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Cara Menghapus Cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus -- Jika Anda memiliki Samsung Galaxy S9 atau Galaxy S9 Plus, pengguna mungkin mengalami masalah pada ponsel yang dapat dengan mudah dipecahkan menggunakan dua solusi pemecahan masalah yang berbeda, yang hanya akan memakan waktu beberapa menit untuk diselesaikan. Masalah yang sama dapat ditemukan di Android. Metode teratas untuk memperbaiki bug atau gangguan perangkat lunak apa pun pada Galaxy S9 atau S9 Plus Anda adalah dengan melakukan factory reset atau dengan cara menghapus cache.

cara menghapus cache di Galaxy S9 dan S9 Plus

Dengan membersihkan cache pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus Anda dapat memperbaiki masalah seperti delay, gangguan atau freeze dengan mengikuti panduan di bawah ini. Baca juga: Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 8.

Apa itu Cache dan Apa Fungsinya?

Jadi apa itu Cache dan mengapa harus dibersihkan pada smartphone Galaxy Anda? Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus tidak hanya memiliki satu Cache tetapi dua jenis yang berbeda. Yang pertama adalah untuk aplikasi dan yang lainnya untuk sistem. Aplikasi apa pun yang Anda pasang di Galaxy S9 atau S9 Plus Anda telah menginstal cachenya sendiri. Ini memungkinkan penyimpanan data sementara untuk penggunaan yang lebih baik ketika beralih antar aplikasi. Singgahan sistem hampir persis sama tetapi bukan hanya menyimpan Data Aplikasi, itu sama untuk Android. Inilah sebabnya, ketika masalah muncul dengan aplikasi crash atau freeze, opsi terbaik adalah menghapus cache sistem, untuk membantu menyelesaikan masalah.

Cara Menghapus Cache Aplikasi di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Jika Anda mengalami masalah dengan satu aplikasi tertentu, maka admin akan merekomendasikan untuk membersihkan cache aplikasi terlebih dahulu. Anda dapat menghapus cache aplikasi dengan mengikuti panduan di bawah ini:
  1. Untuk memulai silahkan mengaktifkan Samsung Galaxy S9 atau Galaxy S9 Plus Anda, dengan menekan tombol power.
  2. Kemudian masuk ke pengaturan dan Manajer Aplikasi.
  3. Sekarang pilih Aplikasi yang Anda ingin mengosongkan cachenya.
  4. Setelah Anda menemukan aplikasi, navigasikan ke layar informasi aplikasi.
  5. Pilih opsi Clear Cache.
  6. Setelah ini selesai, buka pengaturan dan penyimpanan untuk menghapus cache aplikasi untuk semua aplikasi.
  7. Terakhir, pilih Cache Data untuk menghapus semua cache aplikasi pada saat yang bersamaan.
Pastikan untuk tidak menggunakan opsi Hapus Data kecuali Anda ingin kehilangan semua informasi yang disimpan oleh aplikasi. Misalnya, Anda akan kehilangan nama pengguna, kata sandi, progres permainan, preferensi, pengaturan, dan lainnya.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Clear Cache Tidak Membantu Anda?

Jika Anda telah membersihkan cache dari masing-masing aplikasi dan Anda masih mengalami masalah yang sama pada Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus, maka solusi terbaik berikutnya adalah mencopot pemasangan aplikasi dan menyalakan ulang perangkat. Pastikan untuk mencatat bahwa sebelum Anda mengatur ulang ponsel cerdas Anda, semua data harus dicadangkan untuk mencegah apa pun hilang ketika ponsel sedang dalam proses reboot. Jika Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus telah dimulai ulang dan masalah masih terjadi, admin sarankan Anda melakukan penghapusan cache sistem (juga dikenal sebagai membersihkan partisi cache di Galaxy S9 atau S9 Plus).

Cara Menghapus Cache System di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Berikut adalah penjelasan mengenai cara menghapus cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Baca dengan pelan-pelan agar Anda bisa mengikutinya.
  1. Mulai dengan mematikan Galaxy S9 atau S9 Plus, dengan menekan tombol power.
  2. Kemudian, tahan tombol volume, power, dan tombol home secara bersamaan hingga Anda melihat logo Android muncul dan getar telepon.
  3. Sekarang lepaskan Tombol Power dan terus tahan tombol lainnya.
  4. Selanjutnya gunakan tombol volume untuk menggulir ke bawah untuk menyorot opsi ‘Hapus Cache Partition’.
  5. Saat selesai tekan tombol Power.
  6. Gulir ke bawah ke Ya dengan tombol volume dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  7. Arahkan ke Reboot System sekarang dan tekan tombol power.
  8. Akhirnya, Galaxy S9 Anda harus reboot dengan sistem cache yang telah dibersihkan.
Jika masalah berlanjut pada tahap berikutnya adalah factory reset Galaxy S9.

Demikianlah paparan admin mengenai Cara Menghapus Cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Semoga saja Anda berhasil dalam melakukannya. Sekian dan jangan lupa Anda cari artikel terkait Samsung Galaxy S9 dari kotak telusur di situs ini. Baca juga: 5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Note 8 yang Tidak Ada di iPhone X.