Bagaimana Cara Menambahkan Link di Instagram? Ini Jawabannya

Cara Menambahkan Link di Instagram -- Untuk waktu yang lama, satu-satunya tautan Link yang dapat diklik/Swipe Up di Instagram adalah terletak di bio/profil Instagram Anda, dan itu masih berlaku untuk banyak pengguna. Satu-satunya cara untuk menambahkan tautan/link yang dapat diklik selain dari yang disebutkan di atas adalah dalam Instagram stories, di mana pengguna yang memeriksa cerita Anda akan dapat Swipe Up untuk memuat laman web sebelum kembali untuk menyelesaikan Stories Anda. Fitur ini tersedia di versi Android dan iOS dari aplikasi Instagram, tetapi hanya pengguna tertentu yang dapat memanfaatkannya sekarang.

cara menambahkan link di instagram stories

Kelompok pengguna pertama yang dapat menambahkan link di instagram mereka adalah pengguna yang telah terverifikasi di Instagram. Anda tidak dapat membeli atau meminta badge/lencana terverifikasi, tanda centang biru yang muncul di samping nama profil Anda, tetapi bukan tidak mungkin untuk mendapatkannya secara otomatis jika Anda hanya memiliki beberapa ratus followers. Baca juga: Kenapa Fitur Kamera Focus Portrait Mode Tidak Muncul di Instagram?.

Sedangkan untuk kelompok kedua, pengguna dengan akun profil bisnis yang memiliki lebih dari 10.000 followers. Sebelumnya, persyaratannya adalah 1 juta pengikut, tetapi Instagram mengurangi pembatasan itu, jadi mungkin mereka dapat membuat ambang batas lebih rendah di masa depan juga.

Jika Anda termasuk dalam salah satu dari dua grup yang disebutkan di atas, Anda sebaiknya mulai mengikuti petunjuk di bawah ini. Jika tidak, Anda harus diverifikasi atau menjadi profil bisnis yang populer. Mulai saat ini, tidak ada hacks atau mod yang dikenal yang dapat memaksa link menjadi cerita pada profil yang tidak diverifikasi atau non-bisnis.

Begini Cara Menambahkan Link di Instagram Story

Setelah Anda memiliki foto atau video siap untuk dimasukkan ke dalam Instagram Stories serta ingin Anda tambahkan link di dalamnya, yang harus Anda lakukan hanyalah mengetuk ikon chain/rantai link di bagian atas. Jika Anda tidak melihat ikon ini, Anda belum diverifikasi atau bukan profil bisnis.

Setelah mengetuk ikon tautan link, sebuah laman akan muncul tempat Anda dapat mengetik atau menempelkan URL laman web yang ingin dikunjungi oleh pemirsa Anda. (Tips: Ketuk "Pratinjau Tautan/Preview Link" untuk memastikan tautan benar-benar berfungsi.)

Tekan "Done" (iPhone) atau tanda centang berwarna (Android) saat Anda siap, maka ikon tautan link rantai di bagian atas akan diisi putih untuk menunjukkan bahwa ada URL yang melekat pada gambar atau video tersebut dalam cerita Anda.

Cara Mengedit Link Yang Ditambahkan di Instagram

Meskipun Anda tidak dapat mengubah tautan/link setelah stories telah dipublikasikan, Anda dapat mengubahnya terlebih dahulu. Saat mengedit cerita Anda, cukup kembali ke foto atau video dalam cerita Anda yang memiliki tautan, lalu ketuk ikon tautan rantai putih untuk memunculkan menu. Pilih "Edit" untuk mengganti tautan, lalu ketuk "Done" sesudahnya, atau cukup pilih "Delete Link" untuk menghapusnya segera. Baca juga: Cara Menghapus Akun Instagram Selamannya.

Cara Membuat Link Lebih Terlihat di Instagram

Anda bisa berhenti di sini, dan Anda akan baik-baik saja. Ketika seseorang menonton Instagram Stories Anda, mereka akan melihat "Pelajari Lebih Lanjut," "Lihat Lebih Banyak," "Mendaftar," atau label serupa di bagian bawah gambar atau video dalam cerita Anda, yang kemudian dapat mereka ketuk atau geser ke atas.

Namun, jika Anda ingin memastikan bahwa mereka tidak melewatkan teks kecil di bagian bawah layar, Anda harus menambahkan pesan terkait di bagian atas foto atau video menggunakan alat markup yang tersedia. Ketik, gambar, apa pun ... pastikan mereka tahu ada info lebih lanjut tentang gesekan atau ketuk.

Meskipun menyebalkan bahwa Instagram belum membuat fitur ini tersedia bagi semua orang, ini mungkin hal yang baik, atau setiap Stories yang Anda saksikan akan penuh dengan tautan spam, yang dapat merusak pengalaman cerita. Namun, alangkah baiknya jika mereka memikirkan pengguna mereka yang lebih kecil juga.

Demikianlah paparan admin mengenai Cara Menambahkan Link di Instagram. Semoga saja Anda berhasil dan merupakan salah satu pengguna yang beruntung. Jangan lupa cari artikel terkait di Instagram dari kotak telusur di situs ini. Baca juga: Cara Verifikasi Instagram Untuk Mendapatkan Lencana Centang Biru.