Tidak Bisa Memulai Membuka Kamera WhatsApp, Begini Cara Mengatasinya

Tidak Bisa Memulai Membuka Kamera WhatsApp -- Akhir-akhir ini banyak sekali yang mencari cara mengatasi kamera WhatsApp tidak bisa dibuka. Entah kenapa banyak pengguna yang sulit memulai membuka kamera WhatsApp. Padahal jika dilihat-lihat, WhatsApp merupakan aplikasi yang populer dan sangat stabil. Ternyata, dibalik itu semua masih ada penyebab kamera WhatsApp tidak berfungsi dengan baik saat mulai dibuka.

Tidak Bisa Memulai Membuka Kamera WhatsApp

Usut punya usut, masalah kamera WhatsApp tidak bisa dibuka ternyata sering terjadi di ponsel Xiaomi. Tahu sendirilah bagaimana ponsel Xiaomi? Milik teman Admin sendiri saja masih menggunakan Custom ROM Distributor yang masih full dengan iklan. Padahal, ponselnya cukup keren yaitu Xiaomi Mi4c. Ternyata, menurut penjelasannya, dia juga kesulitan memulai kamera WhatsApp di Xiaomi. Sungguh sangat aneh. Baca juga: Cara Kompres Ukuran Video di WhatsApp.

Daripada ponsel yang lain, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa Xiaomi memang ponsel yang sering mengalami masalah tidak bisa membuka kamera WhatsApp. Lantas bagaimana Cara Membuka Kamera WhatsApp yang tidak bisa dibuka? Berikut paparan untuk Anda.

Inilah Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Tidak Bisa Dibuka Cepat

Jika Anda juga merupakan pengguna Xiaomi lantas menemukan pesan "tidak dapat memulai kamera silahkan mulai ulang telepon Anda". Maka Anda mendapatkan masalah kamera WhatsApp yang tidak bisa dibuka cukup parah. Lantas bagaimana cara memperbaiki kamera WhatsApp tidak dapat dibuka? Berikut sekilas untuk Anda.

Dari hasil studi yang sudah admin telusuri dari sumber-sumber yang ada di internet, ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan masalah kamera WhatsApp tidak bisa dibuka baik di Android ataupun di iOS. Hal yang paling umum menyebabkan tidak bisa membuka kamera WhatsApp ialah karena file WhatsApp yang didownload itu corrupt atau terdapat sedikit bug yang mengganggu.

Tidak hanya itu, cobalah Anda cek software kamera di ponsel Anda. Pasalnya bisa jadi tidak dapat membuka kamera WhatsApp ini karena software kamera Anda rusak. Cek secara mendalam untuk mendapatkan laporan yang lebih jelas.

Langkah-Langkah Mengatasi Kamera WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android dan iOS

Ada beberapa tahapan untuk memperbaiki kamera WhatsApp tidak dapat dibuka. Cobalah satu demi satu agar masalah tidak bisa membuka kamera Whatsapp bisa teratasi dengan cepat dan mudah.
  1. Backup semua data penting WhatsApp Anda.
  2. Jika sudah kelar backup chat WhatsApp, silahkan Anda uninstall aplikasi Whatsapp di ponsel Anda.
  3. Jangan lupa restart hp dan bersihkan cache sebelumnya.
  4. Masuk ke Google Play Store lantas cari WhatsApp dan install untuk ponsel Anda. Jangan sampai menggunakan aplikasi WhatsApp yang bukan dari penyedia resmi.
  5. Restore chat WhatsApp Anda saat memulai lagi di WhatsApp yang baru.
  6. Lantas coba buka kamera WhatsApp dan buat status WhatsApp.
  7. Selesai cara memperbaiki tidak bisa membuka kamera WhatsApp di Android dan iOS.
Apakah solusi ini dapat membantu Anda? Jika ternyata cara diatas tidak menyelesaikan masalah Anda. Maka cobalah trik lain mengatasi kamera WhatsApp tidak bisa dibuka di bawah ini.

Berikan Akses / Ijin Kamera di WhatsApp Android dan iOS

Inilah cara lain mengatasi kamera WhatsApp tidak bisa dibuka. Anda pastikan, jangan sampau ada yang terlewat.
  1. Masuk settings ponsel Anda.
  2. Berikutnya, pilih security.
  3. Disambung dengan masuk ke Permissions ⇒ Manage App Permissions ⇒ Use Camera ⇒ Whatsapp.
  4. Jangan lupa agar bisa membuka kamera WhatsApp maka Anda harus kasih ijin pada akses kamera WhatsApp agar bisa dibuka. Berikan centang di sana.
  5. Selesai.
Demikianlah 2 Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Tidak Bisa Dibuka / Tidak Berfungsi. Semoga saja dengan dua cara di atas, Anda dapat mengatasi masalah di Whatsapp Anda. Sekian. Baca juga: Cara Menambah Admin Grup WhatsApp Cepat.