Cara Ganti Apple ID di iPhone dengan Cepat

Cara Ganti Apple ID -- Tentu akan membuat sakit kepala jika Anda tidak tahu bagaimana cara ganti Apple ID di iPhone, iPad, dan Mac milik Anda sendiri. Hal ini akan ada yang tidak beres dan menjadi sangat sulit untuk membuat Apple ID baru atau mengubah yang lama ke alamat email baru. Bernapaslah dalam-dalam dan yakinlah bahwa dalam artikel ini, admin akan membantu Anda merubah / mengganti Apple ID Anda atau membuat Apple ID yang baru sehingga Anda dapat mulai menggunakan iPhone atau Mac Anda kembali tanpa harus merasakan kebingungan yang terus berlanjut.


Situs web resmi Apple memiliki artikel dukungan kecil yang pas tentang masalah ini. Admin mengasumsikan bahwa Anda sudah mengetahui Apple ID dan password Anda, sehingga Anda berhasil masuk ke appleid.apple.com, dan alamat email yang Anda ubah itu belum digunakan. Jika Anda melakukannya, gulir ke bawah ke bagian yang berjudul Cara Merubah Alamat Email Apple Anda untuk sebuah proses yang jauh lebih sederhana daripada petunjuk dari Apple. Tapi mungkin itu bukan alasan Anda berada di sini. Anda berada di sini karena salah satu alasan berikut:
  1. Anda mencoba mengganti Apple ID Anda saat ini ke alamat email baru.
  2. Anda mencoba membuat Apple ID baru tapi iPhone atau Mac Anda mengatakan "Alamat email itu sudah digunakan sebagai Apple ID." Anda tidak tahu passwordnya dan Anda hanya ingin memperbaikinya dengan yang baru.
  3. Anda memiliki Apple ID tapi Anda tidak ingat apa itu, dan Anda mungkin juga tidak tahu kata sandinya.
Jika Anda datang dengan alasan-alasan diatas maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Semoga saja Anda bisa mengatasi permasalahan Anda. Baca juga: Cara Menggunakan Potrait Mode di Kamera Depan iPhone X.

Masalah Ganti Apple ID Sudah Terjadi Sejak Lama


Siapa pun yang pernah bekerja di Apple Store telah mengalami masalah ini lebih dari 1000 kali. Salah satu dari dua hal terjadi karena:
  1. Seorang pelanggan menyiapkan iPhone, iPad, atau Mac baru mereka, dan mereka menjalani proses pembuatan Apple ID. Mereka mengisi semua informasi yang dibutuhkan, tekan Selesai, dan itu ternyata tidak berhasil.
  2. Seorang pelanggan hanya mencoba merubah Apple ID mereka dari alamat email lama ke alamat email baru. Ketika mereka mencoba memperbaruinya, iPhone atau Mac mereka mengatakan bahwa alamat emailnya sudah digunakan.
Jika masalah ini ternyata juga datang kepada Anda bersabarlah dan terus membaca di sini.


Apa Yang Dibutuhkan Sebelum Ganti Apple ID?

Salah satu yang harus disiapkan saat ganti Apple ID adalah Akun yang terpisah dengan password yang terpisah pula. Apple ID selalu dikaitkan dengan alamat email, namun Apple ID dan alamat emailnya adalah akun terpisah dengan kata kunci terpisah. Ini bisa membingungkan karena kedua akun tersebut memiliki nama pengguna yang sama (misalnya, youremail@gmail.com), namun akunnya terpisah. Satu-satunya pengecualian adalah jika Anda memilih untuk membuat alamat email iCloud baru (diakhiri dengan @ icloud.com) saat Anda membuat Apple ID Anda.

Catatan: Meskipun Anda tahu kata sandi email Anda, kata sandi Apple ID Anda mungkin berbeda sekali. Mereka bisa sama, tapi hanya jika Anda mengaturnya seperti itu saat membuat kedua akun tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memiliki akses ke Email yang terhubung dengan Apple ID Anda. Maksudnya adalah Apple mengirimkan email verifikasi ke alamat email Apple ID yang baru sebagai bagian dari proses penyiapan. Jika Anda tidak memiliki akses ke akun email tersebut, Anda tidak dapat memverifikasi alamat dengan Apple dan Anda tidak dapat menggunakan Apple ID tersebut.

Misalnya, jika Anda membuat Apple ID untuk siswoko@gmail.com, pastikan Anda dapat masuk ke siswoko@gmail.com di situs Gmail sebelum memulai. Ingat, meskipun mereka memiliki nama pengguna yang sama (alamat email), akunnya sepenuhnya terpisah dan mungkin memiliki kata sandi terpisah juga.

Apa yang Dilakukan Jika Alamat Email Sudah Terhubung dengan Apple ID?

Jika Anda membuat Apple ID baru dan Anda melihat "Alamat Email Sudah Menjadi Apple ID" atau email tidak tersedia, Apple ID sudah ada, bahkan jika Anda tidak mengingatnya. Anda tidak dapat membuat Apple ID baru jika Apple ID dibuat menggunakan alamat email tersebut di masa lalu. Aturannya adalah satu Apple ID per alamat email.


Agar panduan ini lebih mudah dipahami, admin akan menggunakan alamat email ini sebagai contoh:
  • myCurrentAppleID@apple.com - Apple ID yang Anda gunakan sekarang
  • emailIWantToChangeItTo@apple.com - Alamat email yang ingin Anda ganti dengan Apple ID Anda. Meskipun Anda mungkin tidak ingat membuat ID ini dan itu memang ada.
  • emailIDon'tCareAbout@apple.com - Anda akan mengganti Apple ID di emailIWantToChangeItTo@apple.com dengan yang satu ini. Anda bisa membuat alamat email gratis di gmail.com jika Anda tidak memiliki email lain yang bisa Anda ubah.
Apakah Anda sudah mulai ada gambaran? Di bawah ini adalah ilustrasinya.

Cara Ganti Apple ID Jika Alamat Email Sudah Digunakan

Berikut caranya:
  • Masuk ke akun emailIWantToChangeItTo@apple.com di appleid.apple.com.
  • Ubah Alamat Email Apple ID Anda dari emailIWantToChangeItTo@apple.com menjadi emailIDon'tCareAbout@apple.com.
  • Keluar dari appleid.apple.com.
  • Periksa email verifikasi dari Apple di kotak masuk emailIDon'tCareAbout@apple.com dan klik untuk proses verifikasi. Anda tidak dapat mengganti myCurrentAppleID@apple.com ke emailIWantToChangeItTo@apple.com sampai Anda merubah emailIWantToChangeItTo@apple.com menjadi emailIDon'tCareAbout@apple.com dan memverifikasinya untuk menyelesaikan perubahan.
  • Masuk ke akun myCurrentAppleID@apple.com di appleid.apple.com.
  • Ubah alamat email Apple ID itu menjadi emailIWantToChangeItTo@apple.com.
Nah itulah cara ganti apple ID jika alamat emailnya sudah terhubung sebelumnya.

Masalah Password Apple ID

Jika Anda tidak ingat membuat Apple ID dengan emailIWantToChangeItTo@apple.com, ada baiknya Anda juga tidak mengingat kata sandinya. Jika itu masalahnya, pergilah ke appleid.apple.com dan klik Reset your password. Jika alamat email yang ingin Anda ganti telah digunakan, Anda memerlukan kata sandi untuk Apple ID Anda saat ini dan Apple ID yang terkait dengan alamat email yang Anda ubah untuk menyelesaikan proses ini.

Artikel dukungan Apple menunjukkan metode yang memakan waktu yang tidak efisien yang dirancang untuk melindungi Anda dari melihat popup peringatan yang meminta Anda untuk memperbarui Apple ID Anda setelah Anda mengubahnya ke alamat email yang baru. Tapi peringatan ini membuat hidup Anda lebih mudah.

Artikel Apple menyarankan agar Anda keluar dari semua layanan yang menggunakan Apple Anda ID (iTunes, App Store, iMessage, dll.) Di iPhone, iPad, Mac, dan perangkat lainnya sebelum Anda memulai. Admin sarankan Anda mengganti Apple ID Anda di semua perangkat Anda setelah Anda mengubahnya ke alamat email yang baru. Anda akan memasukkan informasi terbaru saat iPhone, iPad, atau Mac meminta Anda melakukannya. Ini lebih mudah daripada memburu Setelan di semua perangkat Anda untuk keluar dari setiap layanan yang menggunakan ID Apple Anda terlebih dulu.

Cara Ganti Email Apple ID Anda

Begini caranya:
  1. Buka appleid.apple.com, klik Manage Your Apple ID, dan masuk dengan Apple ID Anda.
  2. Klik edit di sebelah kanan alamat email Anda di bawah bagian yang disebut Apple ID dan Primary Email Address.
  3. Masukkan alamat email baru dari Apple ID Anda.
  4. Klik Simpan.
  5. Periksa kotak masuk Anda untuk email yang disebut "Verifikasi Apple ID Anda." Dari Apple dan klik Verify now>.
  6. Masuk ke situs web Apple untuk menyelesaikan prosesnya.
Nah begitu sudah selesai.

Kesimpulan Cara Ganti Apple ID

Anda telah berhasil mengganti alamat email Apple ID Anda dan akhirnya Anda dapat menggunakan iPhone, iPad, dan Mac Anda dengan alamat email yang Anda inginkan. Seperti yang telah Anda temukan, bisa sangat sulit untuk mengubah Apple ID menjadi alamat email baru. Hal ini karena prosesnya sangat rumit.

Admin harap panduan ini telah membantu memperjelas proses untuk Anda. Semoga bermanfaat. Jika artikel ini membantu Anda jangan lupa untuk dibagikan kepada orang lain. Sekian paparan mengenai cara ganti Apple ID di iPhone Anda. Baca juga: Cara Hard Reset iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.