Cara Download dan Install Custom ROM di Xiaomi Mi A1 (Marshmallow, Nougat dan Oreo)

Cara Download dan Install Custom ROM di Xiaomi Mi A1 (Android Marshmallow, Nougat dan Oreo) -- Custom ROM adalah pilihan yang baik dalam hal memperbarui smartphone Anda. Custom ROM membantu dalam perbaikan dan penyesuaian perangkat Anda. Dengan menginstal custom rom, kinerja perangkat Anda dapat ditingkatkan dan Anda dapat melakukan lebih banyak dari sebelumnya, jadi menginstal custom ROM dapat bermanfaat bagi Anda dan juga perangkat Anda. Custom ROM memungkinkan Anda untuk mengalami sesuatu yang baru dan lebih baik di smartphone Anda misalnya android baru dirilis dalam beberapa hari terakhir sehingga tidak ada perusahaan smartphone yang telah merilis update resmi untuk itu namun pengembang telah membuat custom rom berdasarkan android yang bisa digunakan hampir. setiap smartphone kecuali beberapa. Custom ROM mungkin berisi beberapa bug saat rilis tapi itu diselesaikan cepat atau lambat oleh pengembangnya. Juga beberapa custom ROM sudah root sehingga Anda tidak perlu lagi root dan bisa menikmati root tanpa berusaha ekstra.

Cara Download dan Install Custom ROM di Xiaomi Mi A1 (Marshmallow, Nougat dan Oreo)

Xiaomi Mi A1 diluncurkan pada bulan September 2017. Ponsel ini hadir dengan layar touchscreen 5,50 inchi dengan resolusi 1080x1920 piksel. Xiaomi Mi A1 menjalankan Android 7.1.2 Nougat dan didukung oleh baterai non-removable 3080mAh. Xiaomi Mi A1 didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2GHz dan prosesornya dilengkapi RAM 4GB. Ponsel ini mengemas 64GB penyimpanan internal yang bisa diperluas hingga 128GB via kartu microSD. Xiaomi Mi A1 adalah smartphone dual SIM (GSM dan GSM) yang menerima Nano-SIM dan Nano-SIM. Pilihan konektivitas termasuk Wi-Fi, GPS, Bluetooth, Infrared, USB OTG, 3G dan 4G (dengan dukungan untuk Band 40 yang digunakan oleh beberapa jaringan LTE di berbagai negara). Sensor yang ada di telepon meliputi Compass Magnetometer, Proximity sensor, Accelerometer, Ambient light sensor dan Gyroscope. Xiaomi Mi A1 memiliki kamera utama 12 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Berdasarkan spesifikasi Xiaomi Mi A1, admin telah membuat daftar custom roms yang bisa tampil lebih baik dari yang lain pada perangkat ini. Baca juga: Cara Root Xiaomi Redmi 5 dan 5 Plus Tanpa PC.

Memasang custom ROM yang salah dapat merusak perangkat Anda karena perangkat ini mungkin tidak kompatibel dengan spesifikasi perangkat lunak atau perangkat keras smartphone Anda sehingga admin telah membuat daftar lengkap Custom ROM Terbaik Untuk Xiaomi Mi A1. ROM yang masuk dalam daftar adalah ROM terbaik yang akan digunakan pada Xiaomi Mi A1. Custom ROm tersebut akan berkinerja lebih baik dari yang lain pada perangkat ini. Memilih ROM yang tepat untuk perangkat Anda merupakan bagian penting dan admin mempermudah Anda sehingga Anda dapat dengan mudah memilih 1 dari beberapa daripada memilih 1 dari 100 (s). Xiaomi Mi A1 adalah smartphone yang bisa tampil cukup baik dengan custom ROM sehingga lebih aman untuk menginstal custom ROM yang tercantum di bawah ini.

Hal terbaik tentang Google Android mudah dikustomisasi. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan android yang sistem operasi seluler lainnya tidak memungkinkan untuk dimodifikasi. Pengguna Android dapat meroot perangkat mereka yang memungkinkan mereka memodifikasi sistem. Pengguna dapat menginstal Pemulihan Kustom dan kernel. Setelah menginstal pengguna Custom Recovery dapat menginstal Custom ROMs. Di bawah admin telah berbagi Daftar Lengkap Custom ROM Terbaik Untuk Xiaomi Mi A1

Jika Anda baru mengenal istilah "Custom ROMs" maka Anda harus tahu apa arti Custom ROM, Apa keuntungan menggunakan Custom ROM. Mari kita mulai sedikit demi sedikit.

Apa itu Custom ROM Android?

Custom ROM didasarkan pada kode sumber Android Resmi yang disesuaikan atau dikembangkan oleh pengembang atau komunitas pengembang. Custom ROM dilengkapi dengan banyak penyesuaian tambahan yang membuat mereka unik dan populer di kalangan pecinta android. Ingat, ROM Khusus tidak disediakan oleh Google atau vendor seluler lainnya namun dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat dan kontributornya.

Kelebihan Menggunakan Custom ROM Android

Adapun kelebihan dari pada menggunakan Custom ROM di Android adalah sebagai berikut ini.

1) Vanilla Android (Gaya Piksel)
Sebagian besar ROM Khusus Berbasis AOSP bebas bloatware dan sangat dekat dengan tampilan dan nuansa stok yang membuat mereka sangat tajam. ROM ini sangat dioptimalkan untuk baterai dan kinerja.

2) Akses Root
Sebagian besar Custom ROM adalah pre-root. Proses mendapatkan kontrol admin penuh dari perangkat Android disebut Rooting di Android. Ini mirip dengan menjalankan program sebagai administrator di Windows.

Setelah melakukan rooting perangkat, Anda dapat menginstal MOD, kernel, ROM yang berbeda pada perangkat Anda. Anda dapat menginstal pembaruan Android terbaru (seperti Android 6.0.1 marshmallow) Pada perangkat lama dengan menginstal ROM pihak ketiga seperti CyanogenMod 13. Anda dapat meng-overclock CPU dan GPU perangkat Anda untuk mendapatkan performa terbaik. Anda dapat hibernate aplikasi yang Anda inginkan. Anda dapat melakukan underclock CPU untuk mendapatkan masa pakai baterai yang lebih baik.

3) Pembaruan Reguler
Sebagian besar produsen smartphone Android menyediakan dukungan perangkat lunak 2 tahun dan setelah itu, perangkat tidak akan mendapatkan update resmi. Dalam hal ini, pengguna harus sepenuhnya bergantung pada Custom ROM untuk menguji Android terbaru pada perangkat mereka.

Sebagian besar pengembang ROM Custom menyediakan update reguler yang merupakan salah satu hal terbaik tentang Custom ROMs.

4) Kustomisasi
Android terkenal dengan Customization, dan Custom ROMs membawa ini ke level yang lain. Tidak seperti Stock vanilla android, Custom ROMs hadir dengan berbagai pilihan pilihan. Kami berbagi beberapa di antaranya di bawah ini.
  • Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan panel navigasi
  • Pengguna dapat menyesuaikan bilah navigasi dan ikon bilah Status
  • Beberapa Custom ROM hadir dengan MOD berbeda
  • Beberapa Custom ROM hadir dengan Custom Kernels yang memungkinkan pengguna melakukan Overclock atau underclock CPU dan GPU.
  • Beberapa ROM Kustom hadir dengan dukungan untuk tema pihak ketiga.

5) Baterai dan Performa
Sebagian besar Custom ROM sangat dekat dengan stok android vanilla yang terlihat. Custom ROM sangat dioptimalkan yang menghasilkan masa pakai baterai lebih baik dan performa yang mulus.

Syarat Sebelum Memasang Custom ROM di Xiaomi Mi A1

Pastikan beberapa hal di bawah ini sebelum memasang Custom ROM di Mi A1
  1. Pastikan perangkat bootloader pada perangkat Anda tidak terkunci dan perangkat Anda berakar dan Anda memiliki pemulihan khusus yang terpasang.
  2. Pastikan perangkat Anda memiliki baterai lebih dari 50%.
  3. Pastikan perangkat Anda berakar dan memiliki pemulihan khusus seperti TWRP Installed.

Disclaimer

Gallery Tekno tidak bertanggung jawab atas masalah perangkat keras / perangkat lunak yang terjadi pada perangkat Anda dengan mengikuti panduan ini. Admin yakin bahwa panduan berikut ditulis dengan saksama, menghindari kesalahan di pihak admin sendiri. Jika Anda tidak yakin dengan kausalitas yang mungkin terjadi jika prosedurnya salah, mohon jangan melanjutkan.

Daftar Custom ROM Terbaik di Xiaomi Mi A1

Di bawah ini adalah daftar Custom ROM terbaik di Xiaomi Mi A1 mulai dari Android Marshmallow, Nougat dan Oreo. Silahkan Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Catatan: Xiaomi Mi A1 hanya perangkat beberapa hari yang lalu, jadi saat ini tidak ada Custom ROM yang tersedia untuk perangkat. Mungkin diperlukan beberapa minggu bagi para pengembang untuk membangun Custom ROM. Admin akan terus menambahkan Custom ROM Untuk Xioami Mi A1.

Cara Install Custom ROM (Marshmallow, Nougat, dan Oreo) di Xiaomi Mi A1

Saat memasang Custom ROM di Xiaomi Mi A1, pastikan bahwa Anda sudah:
  • Pastikan perangkat Anda sudah diroot dan memasang Custom Recovery
  • Pertama, download Custom ROM keinginan dan simpan di kartu sd perangkat Anda
  • Sekarang download file GApps dari link yang diberikan di bawah ini dan simpan di kartu sd perangkat Anda
Ada beberapa jenis Custom ROM Android untuk Xiaomi Mi A1. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

Download Custom ROM Android Oreo di Xiaomi Mi A1

Berikut adalah Custom ROM Android Oreo di Xiaomi Mi A1.

Download Custom ROM Android Nougat di Xiaomi Mi A1

Ini adalah daftarnya:

Download Custom ROM Android Marshmallow di Xiaomi Mi A1

Selanjutnya adalah:
  1. Android Marshmallow Custom ROM Full Pack (ARM Device) (ARM64 Device) (X86 Device).
  2. Android Marshmallow Custom ROM Mini Pack (ARM Device) (ARM64 Device) (X86 Device).
  3. Android Marshmallow Custom ROM Pico Pack (ARM Device) (ARM64 Device) (X86 Device).
Nah jika Anda sudah memilih custom ROM Android untuk Xiaomi Mi A1 Anda maka tahap selanjutnya Anda harus:
  • Sekarang pilih install dan kemudian browse untuk file ROM yang didownload dan kemudian pilih. Berikutnya flash file Gapps dan kemudian Magisk (opsional).
  • Setelah proses flashing selesai, reboot ponsel Anda dan Anda akan di-boot ke Android Oreo 8.0 ataupun yang lainnya.
Demikianlah paparan admin mengenai Cara Download dan Install Custom ROM Terbaik di Xiaomi Mi A1. Semoga saja bermanfaat untuk Anda. Jika artikel ini membantu Anda silahkan bagikan artikel admin ini. Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi di OPPO F5.