Begini Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7, 8, dan 10 dengan Mudah

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7, 8, dan 10-- Windows dapat mengubah PC/Laptop Anda menjadi hotspot Wi-Fi yang memungkinkannya untuk berbagi koneksi internet kabel atau Wi-Fi dengan perangkat wireless lainnya.

Yang jadi masalah adalah bagaimana Anda menyetting hotspot di laptop yang tergantung pada versi Windows yang Anda jalankan? Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan Anda, admin sudah siapkan sedikit panduan untuk membantu Anda. Begini cara kerjanya.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 10

Jika Anda menjalankan Windows 10 Anniversary Update yang terpasang, berarti Anda beruntung. Dengan update tersebut, Windows sekarang memiliki satu tombol untuk mengubah PC manapun dengan Wi-Fi menjadi hotspot, dan tidak masalah apakah koneksi internet yang ingin Anda bagikan adalah kabel atau nirkabel.

Pertama, jalankan Pengaturan dengan menekan Windows + I pada keyboard Anda. Di laman Setelan utama, klik "Network & Internet.".

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 10

Pada halaman Network & Internet di sisi kiri, klik "Mobile hotspot."

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 10

Di sisi kanan, nyalakan sakelar "Share my Internet connection with other devices". Jika Anda menginginkan sesuatu selain nama dan password jaringan default, klik tombol "Edit".

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 10

Di jendela Edit, ketik nama jaringan dan password yang ingin Anda gunakan dan kemudian klik "OK."

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 10

Dan itulah yang benar-benar harus Anda lakukan di Windows 10. Ini adalah salah satu fitur baru terbaik dari Windows 10 Anniversary Update, meskipun diluncurkan dengan keriuhan yang relatif sedikit.

Cara Berbagi Koneksi Internet Kabel di Windows 7

Kemampuan untuk berbagi koneksi internet kabel PC Anda ke perangkat nirkabel diintegrasikan ke dalam antarmuka jaringan Windows 7 melalui sesuatu yang disebut jaringan ad-hoc. Jaringan ad-hoc benar-benar hanya koneksi jaringan langsung yang sederhana antar perangkat. Dalam kasus ini, Anda akan membuat jaringan ad-hoc antara koneksi nirkabel PC dan perangkat nirkabel yang ingin Anda hubungkan. Anda hanya perlu memastikan bahwa koneksi kabel Anda sudah diatur dan PC memiliki Wi-Fi yang tersedia.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7

Perhatikan bahwa saat Anda memasang jaringan ad-hoc menggunakan Wi-Fi PC Anda, ini akan menonaktifkan koneksi yang ada yang menggunakan adaptor Wi-Fi. Itu sebabnya metode ini hanya bekerja jika internet Anda berasal dari sumber Ethernet.

Jika Anda belum pernah membuat jaringan seperti ini, pastikan membaca panduan lengkap untuk berbagi koneksi Internet melalui jaringan ad-hoc. Singkatnya, Anda akan membuka jendela Manage Wireless Networks (Anda dapat menemukannya dengan membuka start dan mencari "wireless"), klik tombol Add, dan kemudian klik "Create a ad-hoc network". Masukkan nama dan frasa kata sandi untuk jaringan dan akan muncul dalam daftar jaringan nirkabel. Pilih dan laptop Anda akan memutuskan sambungan dari jaringan Wi-Fi saat ini dan mulai menghosting jaringan ad-hoc yang dapat dihubungi perangkat Anda yang lain.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7

Pastikan untuk mengaktifkan kotak centang "Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection" sehingga PC Anda akan berbagi koneksi internet kabelnya dengan perangkat yang terhubung ke PC melalui jaringan ad-hoc.

Cara Berbagi Koneksi Internet Kabel di Windows 8

Sayangnya, Windows 8 menghapus antarmuka grafis untuk menyiapkan jaringan ad-hoc, jadi tidak mudah untuk dipasang seperti pada Windows 7 atau 10. Fitur dasarnya tetap ada. Anda hanya perlu menggunakan trik perintah kecil.

Pertama, Anda harus memastikan jaringan nirkabel Anda yang ada dibagikan dengan pengguna jaringan lainnya. Tekan Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka kotak dialog Run, ketik "ncpa.cpl", lalu tekan Enter.

Di jendela koneksi jaringan, klik kanan jaringan Nirkabel Anda dan pilih "Properties" dari menu konteks.

Beralih ke tab "Sharing" dan aktifkan kotak centang "Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection". Silakan hapus "Allow other network users to control or disable the shared Internet connection" saat Anda berada di sana lalu klik tombol "OK".

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 8 dan 8.1

Selanjutnya, Anda harus meluncurkan Command Prompt dengan hak istimewa administratif. Klik kanan di kiri bawah layar Anda (atau tekan Windows + X) dan kemudian pilih "Command Prompt (Admin)" pada menu Power Users yang muncul.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 8 dan 8.1

Catatan: Jika Anda melihat PowerShell di Command Prompt pada menu Power User, itu adalah peralihan yang muncul dengan adanya Creator Update untuk Windows 10. Sangat mudah untuk beralih kembali untuk menampilkan menu Command Prompt pada Power User jika Anda mau, atau Anda bisa memberi PowerShell sebuah percobaan. Anda dapat melakukan hampir semua hal di PowerShell yang dapat Anda lakukan di Command Prompt, ditambah banyak hal bermanfaat lainnya.

Dengan command prompt yang terbuka, langkah selanjutnya adalah mengatur jaringan nirkabel dengan menggunakan netsh seperti:

netsh wlan set hostnetwork mode = allow ssid = "<SSID>" key = "<PASSWORD>".

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 8 dan 8.1

Di mana <SSID> adalah nama jaringan Anda dan <PASSWORD> adalah kata kunci yang Anda inginkan untuk dihubungi pengguna. Jalur akses dibuat dengan enkripsi WPA2-PSK (AES).

Selanjutnya, Anda akan mulai broadcast jaringan dengan perintah berikut:

netsh wlan start hostednetwork.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 8 dan 8.1

Dan setiap saat, Anda bisa menggunakan perintah terakhir ini untuk menampilkan informasi tentang koneksi. Ini berisi daftar hal-hal seperti saluran yang digunakan koneksi Anda, nama ssid, tipe otentikasi, jenis radio, dan jumlah klien yang terhubung ke jaringan Anda.

netsh wlan show hostnetwork.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 8 dan 8.1

Setelah selesai, Anda akan dapat menghubungkan perangkat Wi-Fi ke jaringan ad-hoc baru Anda di Windows 8.

Cara Berbagi Wireless Internet Connection di Windows 8 atau 7

Jika Anda ingin berbagi koneksi Internet nirkabel di Windows 8 atau 7 dengan perangkat nirkabel lainnya, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Admin merekomendasikan Virtual Router karena gratis, open-source, dan mudah dipasang. Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagi koneksi kabel jika Anda hanya menginginkan cara yang lebih mudah untuk melakukannya daripada membuat jaringan ad-hoc.

Cara Membuat Hotspot di Laptop

Mulailah dengan mendownload Virtual Router dan jika sudah selesai, langsung pasang dan jalankan aplikasinya di laptop Anda. Menggunakannya benar-benar sangat mudah. Berikan nama untuk jaringan Anda, masukkan frasa kata sandi, dan pilih koneksi yang ingin Anda bagikan dengan perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Klik tombol "Start Virtual Router", dan selesai. Anda bahkan dapat melihat daftar perangkat yang terhubung di jendela ini.

Menyiapkan hotspot mobile pada PC/laptop Windows Anda bisa sedikit merepotkan, atau bisa jadi sangat mudah. Itu hanya tergantung pada versi Windows yang Anda jalankan dan apakah Anda bersedia menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi lain kali Anda terjebak di suatu tempat dengan hanya koneksi internet kabel, setidaknya Anda tahu Anda dapat menggunakan PC Anda untuk berbagi koneksi dengan perangkat nirkabel Anda yang lain.

Demikianlah paparan admin mengenai cara membuat hotspot di laptop windows 7, 8, dan 10 dengan mudah. Semoga saja dengan paparan admin ini Anda paham bagaimana cara menggunakan dan membuat hostpot di laptop. Sekian dan terimakasih. Baca juga: Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Laptop.