Tidak Bisa Masuk Windows? Begini Cara Mengatasinya

Tidak Bisa Masuk Windows -- Sistem operasi Windows ataupun Linux tidak akan pernah luput dari berbagai macam masalah. Error windows akan selalu terjadi dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, Anda harus segera mempelajari segala bentuk macam hal yang berkaitan dengan sistem operasi windows.

Tidak Bisa Masuk Windows

Jika Anda tahu, sebenarnya masalah-masalah yang sering terjadi di windows itu biasanya disebabkan karena adanya masalah sistem, aplikasi, hardware atau software, dan masih banyak lainnya. Diantara masalah atau error yang terjadi di Windows yang paling umum adalah tidak basuk di windows atau tidak bisa booting windows. Biasanya masalah tidak bisa masuk windows ini ditandai dengan hanya bisa masuk di bagian login screen atau bahkan hanya blank screen. Baca juga: Laptop Tidak Bisa Connect Wifi? Begini Solusinya.

Jika masalah windows seperti ini Anda alami maka sudah dipastikan Windows Anda tidak dapat digunakan sama sekali. Nah, berangkat dari sinilah admin berusaha untuk membantu Anda untuk mengatasi tidak bisa masuk di windows.

Begini Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Windows

Agar Anda bisa masuk windows lagi maka Anda harus mengetahui bagaimana solusi mengatasi masalah tidak bisa masuk windows ini. Sehingga, dengan mengetahui penyelesaian masalah ini maka Anda akan dapat memperbaiki laptop atau komputer Anda yang tidak bisa masuk di sistem operasi windows.

Install Ulang Windows

Jika Anda mengalami masalah tidak bisa booting windows dan hanya stuck di laman login screen windows maka Anda bisa mencoba untuk menginstal ulang windows Anda. Hanya saja, cara ini kurang disukai oleh banyak orang. Pasalnya harus menyetting ulang windows dari awal. Namun kelebihan dari cara install ulang windows adalah mungkin saja file personal yang menyebabkan windows error akan dapat secara penuh dihapus dari sistem operasi windows. Sehingga, windows Anda bisa digunakan kembali tanpa masalah apapun.

Meski cara ini terbilang mudah dilakukan dan ampuh namun resiko dari cara ini juga terbilang tinggi. Jika Anda lupa data di drive C Anda lupa tidak dibackup maka semua data tersebut akan dihapus dari windows Anda. Inilah resiko yang cukup besar. Namun jika Anda berani, lanjutkan saja. Disisi lain, Anda juga harus memperhatikan apa penyebab utama dari tidak bisa bootingnya windows Anda. Jangan-jangan itu terjadi karena kerusakan hard disk Anda. Maka instal ulang tidak bisa digunakan. Namun jika karena hanya file system yang rusak maka install ulang windows dapat digunakan dengan sempurna untuk mengatasi masalah ini.

Pakai System Restore

Syarat sebelum Anda menggunakan cara ini maka Anda harus backup data Anda sebelumnya dengan system restore. Maka jika Anda tidak bisa masuk windows lalu menggunakan cara ini, windows Anda akan dikembalikan saat posisi terakhir saat belum terjadi apa-apa. Sama halnya dengan cara sebelumnya, cara ini hanya berlaku jika windows yang gagal booting itu terjadi karena kerusakan file sistem. Namun jika karena kerusakan hardware maka solusi dengan cara ini tidak bisa digunakan.

Sisi lemah dari cara ini adalah banyak pengguna yang tidak mau menggunakannya karena terlalu makan space yang cukup besar. Bisanya pengguna cenderung untuk melupakannya. Namun jikalau memang Anda mempunyai space memori yang besar di hard disk Anda maka tidak ada salahnya memakai fitur ini.

Ganti Hardware atau Perangkat Keras Yang Sudah Rusak

Ini merupakan masalah yang cukup besar jika tidak bisa masuk windows. Hal ini memang terjadi jika ada kerusakan yang cukup fatal di hardware Anda. Misalnya saja Modul RAM rusak. Jika hal ini terjadi sudah dapat dipastikan bahwa windows Anda tidak akan bisa booting dengan maksimal.

Hardware lain yang menjadi penyebab windows tidak bisa booting yaitu kerusakan pada processor, VGA, monitor, atau IC seingga dapat mejadi penyebab tidak bisa booting windows. Namun masalahnya, jika Anda harus mengganti semua perangkat keras ini secara bersamaan tentu Anda akan kehabisan dana yang cukup banyak. Oleh karena itu sebaiknya Anda deteksi dulu apa penyebabnya dan jangan langsung mengganti semuanya.

Demikianlah paparan admin mengenai solusi mengatasi tidak bisa masuk Windows dengan Sempurna. Semoga saja dengan penjelasan sedikit ini maka Anda bisa mengatasi booting windows Anda. Sekian. Baca juga: Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7.