OPPO F5 Youth vs OPPO F5 Bagusan Mana Spesifikasinya?

OPPO F5 Youth vs OPPO F5 -- Admin mendapatkan sebuah pertanyaan menggelitik dari teman yaitu "Apa perbedaan OPPO F5 dan OPPO F5 Youth? Dan yang mana yang harus Dibeli?". Pertanyaan ini sontak mengingatkan admin bahwa dua buah smartphone dari OPPO ini memang menjadi smartphone terbaru OPPO yang patut untuk digali lebih dalam lagi.

OPPO F5 Youth vs OPPO F5

Kalau Anda sendiri manakah yang lebih bagus antara OPPO F5 Youth vs OPPO F5? Untuk menjawab pertanyaan Anda ini mari coba kita simak saja langsung perbedaan spesifikasi OPPO F5 Youth vs OPPO F5 di bawah ini. Baca juga: Cara Screenshot OPPO F5 Youth.

Perbedaan OPPO F5 Youth vs OPPO F5

Smartphone dengan display 18:9 sedang menjadi tren saat ini dan perusahaan seperti LG, Vivo, Huawei, berada di jalur peluncuran dengan mid-range mereka. Di sisi lain, OPPO memiliki setidaknya dua perangkat dengan fitur yang sama namun dengan label harga yang berbeda yaitu OPPO F5 dan OPPO F5 Youth. Mari kita periksa perbedaan antara OPPO F5 vs OPPO F5 Youth di bawah ini.

OPPO F5 telah keluar lebih dari sebulan sekarang. OPPO F5 menampilkan layar FHD + IPS 6 inchi dengan rasio aspek layar 18:9 dan resolusi 2160 x 1080, prosesor MediaTek MT6737T, penyimpanan internal 32GB, RAM 4GB, kamera belakang 16MP f / 1.8 dengan lampu kilat LED, kamera depan 20MP dengan Teknologi AI Beautification, dan baterai 3.200 mAh.

Sedangkan OPPO F5 Youth baru saja dirilis dan dapat dianggap sebagai model OPPO F5 yang kencang. OPPO F5 Youth memiliki layar In-cell FHD + TFT LTPS 6 inchi dengan rasio aspek layar 18:9 dan resolusi 2160 x 1080, prosesor MediaTek MT6737T, penyimpanan internal 32GB, RAM 3GB, kamera belakang 13MP f / 2.2 AutoFocus dengan lampu kilat LED, 16MP f / 2.0 kamera depan dengan AI Beautification Technology, dan baterai 3.200 mAh.

Detail Perbedaan OPPO F5 Youth vs OPPO F5

Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana detail OPPO F5 Youth vs OPPO F5 adalah sebagai berikut.

OPPO F5 Youth vs OPPO F5

Berdasarkan data di atas maka tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Namun jika Anda memilih ponsel berdasarkan spesifikasi maka OPPO F5 layak Anda pilih. Tap jika mau memilih ponsel harga OPPO F5 Youth bisa jadi alternative Anda.

Kelebihan OPPO F5

Berikut kelebihannya:
+ Layar LCD IPS
+ RAM lebih besar
+ Resolusi kamera depan dan belakang yang lebih tinggi
+ Bukaan aperture yang lebih besar
+ Baterai lebih lama

Kelebihan OPPO F5 Youth

Ini kelebihannya:
+ Harganya Lebih Murah

Display

Kedua perangkat memiliki spesifikasi layar yang sama yaitu display 6 inchi dengan rasio aspek layar 18:9 dan resolusi 2160 x 1080, namun dengan berbagai jenis layar OPPO F5 menggunakan layar LCD IPS sementara OPPO F5 Youth menggunakan TFT-LTPS. Tetap saja, keduanya bersemangat dengan warna yang akurat dan sudut pandang lebar yang bagus untuk menonton film, melihat foto, atau bermain game.

CPU dan GPU

Keduanya memiliki MediaTek MT6763T yang sama atau juga dikenal sebagai Helio P23 dan GPU Mali-G71 MP2. Untuk performa, prosesor cukup layak untuk melakukan multi tasking dengan lancar. Berdasarkan nilai benchmark AnTuTu, mereka duduk di atas angka 60k yang merupakan angka bagus untuk mid-ranger. Perangkat juga bisa menangani game grafis berat seperti Asphalt 8 dan Iron Blade. Pengguna bisa menikmati bermain bahkan di setting tertinggi, namun waspadalah bahwa itu tidak akan menjadi pengalaman yang mulus karena fpsnya duduk di level 30-50 saja.

Kamera

OPPO telah menerapkan teknologi baru yang disebut AI Beautification pada kamera depan OPPO F5 dan OPPO F5 Youth. Kemampuan ini menganalisis lebih dari 200 titik wajah dan menyesuaikan kecantikan dengan jumlah yang hampir akurat agar selfie lebih halus dari biasanya. OPPO F5 bagaimanapun juga memiliki resolusi kamera belakang dan depan yang lebih tinggi dan aperture yang lebih besar dibandingkan dengan OPPO F5 Youth.

Baterai

Kesamaan lainnya adalah kapasitas baterai 3.200 mAh. Dalam tes loop video yang bertebaran di internet, perangkat yang dilakukan serupa dengan OPPO F5 yang berlangsung selama 14 jam dan 46 menit sementara OPPO F5 Youth berada di 14 jam dan 28 menit.

Keseluruhan Penampilan

OPPO F5 Youth dan OPPO F5 praktis identik dalam hal performa keseluruhan karena keduanya memiliki chipset dan baterai yang sama. OPPO F5 memiliki RAM yang lebih besar tetapi ukuran RAM 3GB di OPPO F5 Youth juga masih bagus untuk multitasking. Kameranya berbeda juga dengan OPPO F5 yang memiliki keunggulan dalam hal resolusi, namun keduanya memiliki A.I. Beautification Technology yang tidak jelek.

Harga

OPPO F5 dibanderol dengan harga mulai 3,9 juta hingga 5,1 juta sementara OPPO F5 Youth dihargai mulai dari 4 jutaan. Jika pengguna tidak begitu pilih-pilih tentang memiliki resolusi kamera yang lebih rendah dan RAM yang lebih kecil, mereka bisa memilih OPPO F5 Youth untuk membeli ponsel yang lebih murah. Tapi jika Anda bisa meregangkan anggaran maka OPPO F5 merupakan pilihan yang tepat.

Sebelum diakhiri, berikut sekilas skor test Benchmark OPPO F5 Youth vs OPPO F5.

OPPO F5 Youth vs OPPO F5

Berdasarkan itulah maka admin hanya bisa menyarankan, kedua spesifikasi OPPO ini kurang lebih sama hanya saja jika mau spesifikasi lebih maka OPPO F5 bisa jadi solusi. Tapi jika dana kurang maka OPPO F5 Youth cukup di saku kantong Anda.

Sekian penjelasan admin kali ini. Jika membantu Anda silahkan bagikan. Baca juga: Cara Hard Reset OPPO F5.