Inilah Cara Mematikan Menonaktifkan Cortana di Windows 10

Cara Mematikan Menonaktifkan Cortana di Windows 10 -- Salah satu terobosan terhebat Microsoft akhir-akhir ini yang telah memberi tantangan besar bagi Apple's Siri adalah Cortana. Cortana adalah alat bantuan digital yang diperkenalkan pada Windows 10 Anniversary Update yang mampu melakukan hampir semua tugas yang Anda minta untuk dilakukan. Cukup katakan "Hei, Cortana" dan layanan akan segera dimulai, menjawab pertanyaan Anda tentang ramalan cuaca, pengingat kalender, mencari opsi web, folder di PC, dll.

Cara Mematikan Cortana di Windows 10

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda metode untuk menonaktifkan Cortana di Windows 10 jika Anda ingin menyimpan informasi pribadi Anda dengan aman dan merasa sedikit menjengkelkan mengenai mekanisme pengumpulan informasi khas dari Cortana ini. Baca juga: Cara Shutdown Windows 8.

Begini Cara Menonaktifkan Cortana di Windows 10

Untuk mematikan Cortana di Windows 10 ada beberapa langkah. Anda bisa mematikan Cortana melalui langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini. Simak secara lengkap dibawah ini.

Metode #1: Nonaktifkan Cortana di Windows 10 Menggunakan Group Policy Editor

Dengan metode ini, admin akan menerapkan beberapa perubahan dalam kebijakan sistem yang akan menonaktifkan Cortana untuk meminta informasi pribadi Anda. Langkah-langkah untuk metode berikut diberikan di bawah ini:

Langkah 1.Tekan "tombol logo Windows + R" dan kotak pencarian "Run" akan terbuka di sudut kiri bawah layar jendela.

Langkah 2.Dalam kotak dialog kosong, ketik "gpedit.msc" dan tekan "Enter".

Langkah 3. Jendela fungsional Group Policy Editor akan muncul yang terdiri dari semua kebijakan sistem PC Anda.

Langkah 4. Di sisi kiri panel, pilih "Configuration", dan kemudian pilih "Administrative Templates".

Langkah 5. Dari "Administrative Templates" pilih "Windows Components" dan kemudian pilih "Search".

Langkah 6. Sekarang; pindah ke panel sebelah kanan yang sesuai dari jendela operasi dan cari kebijakan "Allow Cortana" dalam daftar.

Langkah 7. Klik ganda pada kebijakan "Allow Cortana".

Langkah 8. Dari jendela operasi baru yang muncul, pilih opsi "Disabled" dan klik "Ok".

Langkah 9.Tutup Policy Editor dan setelah selesai dengan semua langkah ini, Anda harus masuk kembali dengan me-restart komputer Anda atau perubahan ini tidak akan berlaku.

Jika Anda telah melakukan segala sesuatu sesuai dengan pedoman yang disebutkan di atas, pastilah aplikasi Cortana Anda akan dinonaktifkan, namun jika masih bertahan atau Anda ingin mencoba metode lain di bawah ini.

Metode #2: Nonaktifkan Cortana di Windows 10 Menggunakan Registry

Untuk Windows 10 Anniversary Update, Anda harus mengubah Registry untuk membuat perubahan ini terjadi. Registry berisi semua jalur rahasia untuk mengubah sebagian besar dari semua sistem Anda. Jadi sebelum Anda memulai dengan metode ini, pastikan Anda tidak mengacaukan kunci registri yang tidak perlu karena hal itu dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem Anda. Jadi inilah yang harus Anda lakukan. Baca juga: Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 7.

Langkah 1. Tekan kombinasi tombol "windows logo key + R" untuk membuka panel pencarian "run" di sudut kiri bawah layar.

Langkah 2. Masukan "regedit" dan tekan "Ok".

Langkah 3. Perintah ini akan membuka Registry Window.

Langkah 4. Setelah Registry dibuka, navigasikan ke tombol berikut di sidebar kiri:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Policies \ Microsoft \ Windows \ Windows.

Langkah 5.Jika Anda tidak melihat folder "Windows search", klik kanan pada folder "windows", dan pilih opsi "New" dan kemudian pilih "Key" dari menu konteks. Beri nama folder "Windows search".

Langkah 6. Sekarang; klik kanan pada folder pencarian Windows di sisi kiri panel, dan pilih New> DWORD (32-bit) value.

Langkah 7.Name nilai "Allow Cortana", klik dua kali opsi untuk mengatur nilai ke "0".

Langkah 8. Setelah Anda melakukan ini, tutup Registry editor, masuk kembali dengan me-restart sistem dari awal, ini akan menstabilkan perubahan yang Anda buat di sistem Anda.

Nah, jika Anda ingin sedikit bergerak maju untuk mencoba sesuatu yang baru Anda bisa mengikuti metode selanjutnya juga.

Metode #3: Nonaktifkan Cortana di Windows 10 Menggunakan One-click Registry Hack

Dari pada bingung ke sana-sini, ada metode sederhana untuk mematikan Cortana di Windows 10. Cara ini dengan one-click registry hack. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk membawa perubahan yang diperlukan.

Langkah 1. Download "Disable Cortana Registry Hack" dari internet. Ini adalah file zip yang akan didownload ke sistem anda.

Langkah 2. Buka file zip dan Anda akan melihat dua file registri, satu untuk menonaktifkan dan yang lainnya untuk mengaktifkannya.

Langkah 3. Cukup klik dua kali "Disable Cortana.reg" dan setujui persyaratan dan ketentuan untuk menambahkan informasi ke registri Anda.

Langkah 4.Anda juga bisa mengaktifkan Cortana dengan memilih file "Enable Cortana.reg".

Pada artikel ini admin telah menunjukkan kepada Anda trik dan metode untuk menonaktifkan Cortana di Windows 10 sedemikian rupa sehingga bahkan seorang pemula pun dapat melakukannya dengan mudah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa terus ulangi cara mematikan Cortana di Windows 10 ini jika Anda masih belum paham. Baca juga: Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Laptop.