Cara Menonaktifkan Edge Screen di Samsung Galaxy S8/S8+

Cara Menonaktifkan Edge Screen di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus -- Panduan ini  akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara menonaktifkan Edge Screen pada Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Perlu diketahui bahwa Edge Screen memberi Anda akses cepat ke aplikasi, kontak, dan fitur di Galaxy S8/S8+, namun juga ada beberapa cara lain sebenarnya untuk mengakses semua itu. Jika Anda merasa bahwa fitur ini lebih menjengkelkan daripada berguna, Anda akan senang mengetahui bahwa mudah untuk menonaktifkan fitur Edge Screen di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus.

Cara Menonaktifkan Edge Screen di Samsung Galaxy S8/S8+

Bagi yang belum tahu, Edge Screen adalah panel putih kecil yang berada di tepi atas layar Anda. Gesek saja dan Anda akan langsung melihat kontak favorit dan aplikasi populer Anda. Ada juga fitur yang disebut Edge lighting, tempat dimana lampu slide akan menyala sebagai pemberitahuan untuk notifikasi masuk ke Samsung Galaxy S8/S8 Plus Anda. Baca juga: Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop.

Selama beberapa tahun terakhir, Samsung telah memasukkan fitur ini ke dalam setiap smartphone Galaxynya. Ada lebih dari 14 panel tepi yang bisa dipilih, belum lagi yang bisa Anda unduh. Namun, banyak pemilik tidak pernah memanfaatkan kemampuannya. Sebaliknya, itu hanya mengganggu. Oleh karena itu justru banyak orang yang menonaktifkannya.

Cara Menonaktifkan Edge Screen di Galaxy S8 dan S8 Plus

Jika panel Edge jauh lebih sering tidak berguna untuk Anda, segeralah masuk ke pengaturan dan dengan cepat matikan saja supaya tidak mengganggu. Di bawah ini admin juga akan menjelaskan semua opsi penyesuaian bagi yang masih ingin menggunakannya namun ingin memindahkannya ke area yang berbeda di layar utama.

Langkah-Langkah Menonaktifkan Edge Screen Galaxy S8/S8+

  1. Kunjungi Setelan dari aplikasi di layar utama, app drawer, atau dengan menarik bilah notifikasi dan mengetuk tombol pengaturan berbentuk gigi.
  2. Pilih Display.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Edge Screen.
  4. Ketuk tombol toggle di samping panel Edge untuk mematikannya.
  5. Selain itu, matikan Edge Lighting untuk menghilangkan tepi yang bersinar saat telepon Anda menghadap ke bawah.
Seperti yang bisa Anda lihat di atas, keseluruhan proses ini membutuhkan waktu kurang dari 20 detik. Cukup arahkan ke pengaturan dan matikan Edge Screen. Sebagai alternatif, geser panel Edge dan tekan tombol berbentuk gigi di bagian tengah bawah layar. Ini adalah bagian penyesuaian, dan ada juga toggle OFF di kanan atas untuk segera menonaktifkan Edge Screen.

Cara Menyesuaikan Panel Edge di Galaxy S8 dan S8 Plus

Jangan buru-buru mematikan Edge Screen pada Galaxy S8 namun coba sesuaikan dulu. Ada banyak pilihan built-in yang berbeda dan lebih banyak lagi yang dapat Anda download yang memberi banyak fitur rapi pada telepon Anda.

Selain itu, sebaiknya pindahkan ke lokasi yang lebih nyaman sebelum menyerah sepenuhnya. Samsung menyertakan opsi untuk mengurangi ukuran panel, atau menjadikannya transparan sehingga tidak terlihat. Inilah cara mengubah segalanya.

Langkah-Langkah mengatur Edge Screen di Galaxy S8/S8+

  1. Gesek untuk membuka Edge Screen dan tekan tombol pengaturan berbentuk gigi di bagian tengah bawah layar
  2. Tekan tombol menu 3-titik di bagian kanan atas menu kustomisasi
  3. Pilih Handle Settings.
  4. Dari sini, pilihan pertama adalah menyeret panel Edge ke atas atau ke bawah di manapun pada layar Anda. Jika Anda terus-menerus bermasalah dengan lokasi panel Edge, pindahkan ke tempat yang tidak mudah Anda sentuh. Kemudian, pilih sisi kiri atau kanan, ubah ukuran panel, dan buat transparan sehingga tidak begitu mencolok.
Sebaiknya buat sekecil mungkin dan pindahkan ke kiri atas layar. Sekarang, Anda tidak akan pernah sengaja menekan panel Edge, namun masih tersedia jika Anda memerlukannya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menonaktifkan Edge Screen di Galaxy S8 dan S8 Plus. Semoga bermanfaat untuk Anda. Baca juga: Fitur Tersembunyi Vivo V7 Plus.